TIMESINDONESIA, GRESIK – Komisi Nasional Pendidikan atau Komnasdik Jawa Timur menggandeng sekolah untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan. Selain itu, komnasdik juga fokus dalam pembinaan sistem akuntabilitas sekolah.

Kali ini, Komnasdik Jatim melakukan kerjasama dengan SMA Kanjeng Sepuh, Kecamatan Sidayu, Gresik. Senin (14/10/2019) pagi telah dilakukan Memorandum of Understanding atau MoU di sekolah tersebut.

Ketua Komnasdik Jatim Kunjung Wahyudi menyatakan jika mutu kualitas sekolah harus terus ditingkatkan. Setelah MoU ini, ke depan komnas pendidikan akan melakukan pembinaan ke sekolah baik kepada guru maupun siswa.

“Untuk siswa akan kita lakukan pembinaan, dari sisi nilai dan pendidikan karakter, selain itu juga akan kita latih enterpreneurhip secara islam. Agar ketika lulus nanti siswa sudah cakap dan mampu beradaptasi dengan lingkungan dengan baik,” katanya.

Kunjung mengatakan, guru juga akan diberi pembinaan agar kualitas pembelajaran yang berbasis informasi dan teknologi (IT) bisa dilakukan sehingga akan terwujud peningkatan dan pengembangan kualitas sumber daya manusia.

“Selama empat tahun kedepan setelah MoU ini, kita juga akan melakukan pembinaan ke guru agar kualitas meningkat serta akan kami bekali ilmu enterpreneurship agar ketika pensiun nanti, guru bisa jadi pebisnis,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala SMA Kanjeng Sepuh Sholihuddin berharap kerjasama yang dilakukan ini dapat bermanfaat bagi sekolahnya, baik peningkatan kualitas SDM maupun kualitas mutu pendidikan.

Dia membeberkan alasan menggandeng komnas pendidikan ini agar terselenggara pendidikan formal maupun non formal baik itu seminar, TOT maupun workshop, advokasi dan konsultasi kajian ilmiah penerapan Iptek.

“Sehingga terjaminnya mutu atau kualitas pendidikan di SMA Kanjeng Sepuh Sidayu ini sebagai sekolah rujukan di Gresik utara,” ungkapnya usai MoU dengan Komnasdik Jawa Timur agar mutu sekolah meningkat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *